Monday, August 18, 2008

Makanan Khas Cirebon

Makanan Khas Cirebon - Tanjung Duren Jaya

Apa sih makanan Cirebon?

Andalan yang terkenal biasanya Tahu Gejrot, Nasi Jamblang dan Empal Gentong.

Nah, yang satu ini semuanya bisa dibilang bener bener mantap..

Empal Gentong..?

Meskipun namanya empal gentong, makanan ini lebih mirip atau semacam soto atau gulai daging atau jeroan sapi. Daging atau isi yang digunakan adalah usus, babat dan daging sapi yang dimaasak di dalam gentong tanah liat selama lebih dari 10 jam.

Pembeli bisa membeli dengan memilih isi daging saja atau campur lalu akan disiram kuah. Empal gentong disajikan dengan nasi atau lontong.

Nasi Jamblang, merupakan nasi yang dibungkus dengan daun jati, plus lauk pauk teman temannya seperti sambal goreng, sayur tahu, tempe goreng, telur dadar, perkede, empal dan lain lain.

Tahu Gejrot adalah tahu yang dipotong kecil kecil disajikan di atas piring tanah liat, disajikan dengan bumbu ulek gula merah, cabe, bawang merah dan bawang putih. Tahu yang digunakan adalah semacam Tahu Sumedang tapi isinya kosong..

Selain ketiga menu diatas, resto ini juga menyajikan masakan lain seperti Mie Kocok, Nasi Lengko, Sate Kalong dan lain lain.

Harga??

Empal Gentong Rp 15,000

Sate Kalong Rp 18,000

Tahu Gejrot Rp 6,000

Nasi Jamblang total kira2 dengan lauk rata rata Rp 11,000an..

2 comments:

infogue said...

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
Artikel kuliner terhangat
Artikel anda di infogue

anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com/ yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

Me and Me said...

Thanks, nanti gue coba lihat and coba. :)

Pay It Forward Comunity

Pay It Forward Comunity
Lets join the movement
Template by - Abdul Munir - 2008